Mengenal Beragam Jenis Ikan Kerapu

By | December 11, 2018

Di beberapa negara tropis, kerapu sudah mulai dibudidayakan secara komersial. Selain memiliki rasa daging yang lezat dan kandungan nutrisi yang tinggi, ikan kerapu bahkan lebih mahal daripada spesies ikan kakap merah. Ada beberapa jenis kerapu yang tersedia saat ini.
Meski begitu, kerapu sedang dibahas di sejumlah lembaga karena berkurangnya populasi di perairan Indonesia. Nah, berikut ini deskripsi berbagai jenis kerapu.

Kerapu tikus
Ikan kerapu tikus / bebek di Indonesia kebanyakan ditemukan di perairan Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatra, Ambon, dan Pulau Buru. Seluruh permukaan tubuh berwarna putih keabu-abuan dan kepala runcing menyerupai bebek atau tikus.

Kerapu putih
Kerapu kerapu sering disebut kerapu raksasa karena ukurannya mencapai di atas rata-rata ukuran kerapu pada umumnya, sekitar 1,5 meter dan beratnya lebih dari 100 kg. Namun, beberapa pemancing juga menyebutnya kerapu hitam.

Ciri khasnya adalah memiliki bintik hitam kuning pada siripnya dan tubuh hitam dengan bercak putih atau kuning dari kepala ke pangkal ekornya. Ikan ini dapat ditemukan di perairan yang memiliki kondisi terumbu karang yang baik.

Kerapu macan
Kerapu macan memiliki bentuk tubuh yang rata dan memanjang dan agak bulat. Tubuh kerapu ditutupi dengan sisik mengkilap dan patch kamuflase menyerupai bulu harimau. Jumlah kerapu diperkirakan 46 spesies yang hidup di berbagai tipe habitat. Salah satunya adalah jenis epinephelus yang saat ini sedang dibudidayakan.

Kerapu batik
Ciri khas kerapu batik ini memiliki ciri warna pucat atau abu-abu pucat di kepala, badan, dan sirip. Warna yang unik ternyata memiliki nilai ekonomis tinggi, bahkan sangat potensial untuk dibudidayakan. Kerapu ini membutuhkan pemeliharaan hingga 8 bulan. Populasi kerapu batik sebagian besar ditemukan di perairan atol.

Kerapu bunchy
Jenis ikan ini memiliki kulit coklat kehitaman dengan 5 garis hitam di tubuhnya. Di mulut kerapu, gigi dilapisi dengan dua baris, ujungnya tajam dan kuat. Sementara itu, ujung terluar depan gigi deretan luar adalah gigi besar.

Pertumbuhan kerapu ini dua kali lipat dari kerapu lainnya dan tahan terhadap penyakit serta memiliki harga ekonomis yang tinggi. Harga hidupnya mencapai Rp. 30.500 per 100 gram.

Kerapu sunuk
Pada jenis kerapu ini, ia memiliki warna yang indah dengan bintik-bintik merah dan biru tua di tepinya. Habitatnya ada di terumbu karang dan lautan terbuka. Kerapu Sunuk memiliki saudara kembar bernama Kerapu Lodi (Plectropomus maculatus). Bedanya, hanya sedikit titik biru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *