Cara Ampuh Cegah Predator dan Penyakit Lele Sangkuriang

By | January 6, 2018

Dalam budidaya lele sangkuriang, Anda perlu menyiapkan serangan organisme, baik predator maupun patogen di sekitar kolam. Organisme pemangsa yang biasanya menyerang termasuk ular dan belut. Sementara itu, organisme patogen yang sering menyerang adalah Ichthiophthirius sp., Trichodina sp., Monogenea sp., Dan Dactylogyrus sp.


Pengendalian serangga dapat dilakukan dengan memberikan insektisida yang direkomendasikan saat mengisi air sebelum benih ditanam. Sementara itu, untuk pencegahan organisme patogen dapat dilakukan dengan pengelolaan lingkungan akuakultur yang baik dan pemberian pakan secara teratur dan memadai.

Tidak hanya diserang oleh organisme predator dan patogen, ikan lele sangkuriang juga dapat tertular penyakit ini. Jika ikan lele telah tertular penyakit, coba gunakan obat yang direkomendasikan. Selain itu, pengelolaan lingkungan dapat dilakukan dengan menyiapkan kolam dengan baik. Perbaikan kondisi air tambak juga bisa dilakukan dengan menambahkan bahan probiotik.

Untuk menghindari penularan penyakit, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut.

Segera pindahkan ikan yang menunjukkan gejala nyeri dan dirawat secara terpisah. Ikan yang tampaknya sudah parah harus dimusnahkan.
Jangan membuang air bekas dari ikan yang sakit ke saluran air.
Kolam yang telah terinfeksi harus segera dikeringkan dan dikalsifikasi dengan dosis 1 kg / 5 m2. Jeruk nipis (CaO) tersebar merata di dasar kolam dan biarkan sampai tanahnya retak.


Kurangi kepadatan ikan di kolam yang terkena penyakit. Alat tangkap dan wadah ikan harus dilindungi dari kontaminasi. Sebelum digunakan lagi, Anda harus terlebih dahulu mencelupkannya ke dalam larutan Kalium Permanganat (PK) 20 ppm (1 gram dalam 50 liter air) atau larutan klorin 0,5 ppm (0,5 gram dalam 1 m3 air).


Setelah memegang, ikan yang sakit mencuci tangan kami dengan larutan PK.Selalu bersihkan bagian bawah kolam dari lumpur dan sisa bahan organik. Usahakan agar kolam selalu mendapatkan air tawar atau air baru. Tingkatkan nutrisi makanan ikan dengan menambahkan vitamin untuk meningkatkan daya tahan ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *